Home
Mahasiswa Ilmu Politik Unsoed Mengikuti Ekspedisi Indonesia Hebat

Mahasiswa Ilmu Politik Unsoed Mengikuti Ekspedisi Indonesia Hebat

Osni Wigiarti (Mahasiswa Ilmu Politik 2017) bersama tim Indonesian Youth Change Makers (IYCMS) yang terdiri dari 21 pemuda perwakilan dari berbagai provinsi di Indonesia melaksanakan ekspedisi sosial di Gili Asahan pada 24 Oktober-5 November 2019. Kegiatan itu berbentuk pemberdayaan masyarakat di pulau kecil yang terletak diujung Barat Laut Lombok Barat yang hanya ditempati oleh 30 kepala keluarga.

Dalam kegiatan ini Osni mengikuti sejumlah program yang mencakup bidang pendidikan, kesehatan, kemaritiman, dan lingkungan. Bersama relawan lainnya, dia memberikan wawasan kebangsaan dan fun learning English pada para siswa di sana. Selain itu, ada juga penanaman moral dan motivasi melalui kelas inspirasi

Osni bersama anak-anak Gili Asahan

Untuk menjaga pelestarian lingkungan relawan mengadakan program zero waste mulai dari penggunaan sampai pengelolaan sampah. Sampah botol dan kerang dijadikan kerajinan yang memiliki nilai jual bersama ibu-ibu. Sedangkan pemuda dan anak-anak mengolah sampah plastik menjadi paving blok yang bisa berguna untuk bangunan.