Home
Mahasiswa Ilmu Politik Unsoed Juarai Lomba Esai

Mahasiswa Ilmu Politik Unsoed Juarai Lomba Esai

Dwi Yuningsih dan Nisa Nurmalita (Mahasiswa Ilmu Politik 2017) berhasil meraih juara II dalam kompetisi esai Airpol 4.0 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Airlangga pada 8-9 November di Universitas Airlangga. Kedua mahasiswa FISIP Unsoed tersebut membawakan esai yang berjudul “Dilema Civil Society dalam Kuasa Media Sosial Twitter di Era Post-Truth”.

Dalam paparan esainya, mereka menekankan bahwa kondisi civil society di era post-truth seperti saat ini rentan terjebak dalam arus kuasa media, khususnya media sosial. Civil society yang merupakan aspek penting dari demokratisasi dalam sebuah negara kini mendapat tantangan dari media sosial, salah satunya ialah Twitter. Twitter dapat menciptakan trend yang membawa narasi atas suatu fenomena dan sekaligus mengonstruksi kebenaran dalam masyarakat yang mungkin saja dapat berakibat negatif bagi demokrasi.

Rangkaian acara dimulai pada 8 November 2019 dengan agenda presentasi esai dari berbagai universitas yang lolos 16 besar dan keesokan harinya, tgl 9 November diselenggarakan talk show dengan tema “Politik dan Teknologi: Nyambung atau Buntung” dengan mengundang berbagai pembicara, salah satunya yaitu Wakil Gubernur Jawa Timur. Terakhir, rangkaian acara ditutup dengan gala dinner sekaligus malam penganugerahan bagi para peserta lomba Airpol 4.0.