Home
Mahasiswa Jurusan Ilmu Politik Unsoed Melakukan Pemberdayaan Masyarakat di Papua

Mahasiswa Jurusan Ilmu Politik Unsoed Melakukan Pemberdayaan Masyarakat di Papua

Rika Tri Nuriawati, mahasiswa Jurusan Ilmu Politik FISIP Unsoed angkatan 2017, menjadi salah satu delegasi program Ekspedisi Sapa Papua yang diadakan oleh Arah Pemuda Indonesia pada 14-18 Januari 2021. Dalam program ini Rika menjadi bagian dari tim pendidikan yang ditempatkan di Pulau Yenwaupnor, Distrik Meosmansar, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua.

Rika memilih menjadi bagian dari tim pendidikan karena dia ingin meningkatkan kembali semangat anak-anak di sana untuk belajar. Pulau Yenwaupnor hanya memiliki satu buah sekolah setingkat SD (sekolah dasar). Anak-anak yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat lebih lanjut harus pergi ke sekolah di luar pulau mereka. Karena ditinggal sebagian gurunya, kegiatan belajar-mengajar di sekolah itu terhenti sejak Maret 2020.

Selama lima hari berada di lokasi, Rika dan tim menjalankan sejumlah program. Setiap pagi, mereka mengajar membaca, menulis dan berhitung kepada anak-anak di sana. Sementara pada sore harinya, mereka mengajarkan materi dasar bahasa Inggris, seperti angka dan pengenalan diri. Selain itu mereka juga mendirikan Taman Baca Masyarakat untuk menumbuhkan minat baca anak-anak di sana.[]