Home
Prestasi Mahasiswa Jurusan Ilmu Politik Dalam Kompetisi Debat Tingkat Fakultas

Prestasi Mahasiswa Jurusan Ilmu Politik Dalam Kompetisi Debat Tingkat Fakultas

Tazakka Artesa Hidayat (Ilmu Politik angkatan 2019) berhasil menjadi juara ke-2 dalam kompetisi NUDC. Sementara, Galih Satria (Ilmu Politik angkatan 2018) dan M. Syafiq Rineksa (Ilmu Politik  angkatam 2019) berhasil menjadi the best team kedua setelah tim dari Jurusan Sosiologi dalam kompetisi KDMI. Baik Tazakka dan Galih berhak mewakili FISIP Unsoed dalam kompetisi serupa di tingkat universitas.

Dilaksanakan pada Selasa 25 Mei 2021, NUDC (National University Debat Championship) adalah lomba debat tingkat fakultas dengan menggunakan bahasa Inggris. Sementara, KDMI atau Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia tingkat fakultas dilaksanakan pada Kamis 27 Mei 2021. Hal yang membedakan keduanya adalah terletak pada bahasa pengantarnya; KDMI menggunakan bahasa Indonesia sedangkan NUDC menggunakan bahasa Inggris.

Karena dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19, kedua kompetisi ini dilaksanakan secara daring. Tahapan pertama kompetisi keduanya sudah dilewati setelah didapatkan juara tingkat fakultas, yang kemudian disaring untuk mengikuti kompetisi setingkat universitas, kemudian yang nasional. Kompetisi semacam ini sesuai dengan misi dan tujuan pendidikan nasional yang diatur dalam UU No. 20 tahun 2003, yaitu memberikan wadah kepada mahasiswa guna mengembangkan potensinya untuk berfikir kreatif, cepat, dan terampil.[]