Home
Jurusan Ilmu Politik Luncurkan Buku Bunga Rampai

Jurusan Ilmu Politik Luncurkan Buku Bunga Rampai

Jurusan Ilmu Politik kembali meluncurkan buku bunga rampai, yang kali ini berjudul “Dinamika Kebijakan Lokal: Praktik dan Tantangan di Indonesia” dengan No ISBN: 978-623-156-117-6. Editor dari buku bunga rampai kali ini adalah Ahmad Sabiq. Dalam buku ini, ia memberikan pengantarnya dengan menggarisbawahi pentingnya memahami kebijakan di aras lokal.

Buku bunga rampai ini memberikan pemahaman mengenai kebijakan lokal yang juga harus mencerminkan kebutuhan komunitas. Kebijakan lokal berfungsi sebagai alat yang sangat efektif dalam menghadapi masalah yang khusus atau unik untuk suatu wilayah tertentu karena tidak semua masalah dapat diatasi dengan pendekatan yang seragam di seluruh negara.

Kebijakan lokal memungkinkan pemerintah untuk merancang solusi yang lebih sesuai dengan konteks dan kebutuhan setempat. Oleh karena itu, kebijakan lokal menjadi instrumen utama bagi pemerintah lokal untuk mencapai berbagai tujuan, termasuk pengembangan ekonomi, pemenuhan kebutuhan dasar, dan peningkatan kualitas hidup warga.

Berbagai studi kasus yang disajikan dalam buku karya civitas academica Jurusan Ilmu Politik FISIP Universitas Jenderal Soedirman ini merinci berbagai aspek kebijakan lokal di sejumlah wilayah, serta menjelaskan tantangan, kesempatan, dan kerumitan yang melekat dalam upaya menerapkan kebijakan publik di tingkat lokal.

Buku ini bukan saja mengulas dinamika politik lokal yang mempengaruhi kebijakan publik kontemporer, akan tetapi sekaligus menyoroti isu-isu kritis yang perlu dicermati oleh pemerintah dan masyarakat, seperti inklusi, keberlanjutan, adaptasi teknologi, kepentingan elite, partisipasi masyarakat, dan kolaborasi.