Home
Akademik

Akademik

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Capaian pembelajaran Program Studi Ilmu Politik adalah kompetensi minimal yang dimiliki oleh lulusan S1 yang setara dengan level 6 KKNI. Capaian pembelajaran ini meliputi aspek sikap dan keterampilan umum serta aspek pengetahuan dan keterampilan khusus.

METODE DAN BENTUK PEMBELAJARAN

Metode pembelajaran yang dipakai terdiri dari salah satu atau gabungan metode diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, atau metode pembelajaran lain. Metode pembelajaran itu diwujudkan dalam satu atau gabungan dari bentuk pembelajaran sebagai berikut:

  1. Perkuliahan tatap muka kelas
  2. Perkuliahan tutorial/responsi
  3. Seminar
  4. Praktikum
  5. Penelitian, perancangan dan pengembangan

BEBAN STUDI

Mata Kuliah (MK) yang terbagi dalam 6 MK Universitas (Kode UNO), 7 MK Fakultas (Kode SPO), dan 55 MK Jurusan (Kode SPP). Kurikulum baru dirancang untuk dapat diselesaikan dalam waktu antara 7-8 semester dengan batas maksimal masa studi adalah 14 semester/7 tahun). Untuk lulus mendapatkan gelar sarjana S1, mahasiswa wajib mengambil minimal 46 Mata Kuliah Wajib dan 5 Mata Kuliah Pilihan dari 22 Mata Kuliah yang ditawarkan (144 SKS) yang terdiri dari:

Jenis Mata KuliahMKSKS
Total51144
Mata Kuliah Wajib Universitas (UNO)613
Mata Kuliah Wajib Fakultas (SPO)721
Mata Kuliah Wajib Jurusan (SPP)
3395
Mata Kuliah Pilihan Jurusan (SPP)515