Home
Staff Pengajar

Staff Pengajar

Drs. M. Soebiantoro, M.Si.

S2 Ilmu Politik UGM
Pengantar Ilmu Politik

Drs. M. Soebiantoro, M.Si lahir di Bumiayu, 9 September 1962 dan menyelesaikan gelar sarjananya di Jurusan Ilmu Pemerintahan UGM (1987) dan S2 Ilmu Politik UGM (1996). Menjadi dosen tetap Jurusan Ilmu Administrasi Negara Unsoed sejak 1988 sebelum akhirnya pindah menjadi dosen tetap Jurusan Ilmu Politik sejak tahun 2000. M. Soebiantoro adalah Ketua Jurusan Ilmu Politik pertama (2000-2004).

Drs. Solahuddin Kusumanegara, M.Si.

S2 Ilmu Politik UGM
Sistem Politik Indonesia

Solahuddin Kusumanegara lahir di Malang, Jawa Timur pada tanggal 12 Juni 1963. Dosen mata kuliah Sistem Politik Indonesia dan Kebijakan Publik ini menyelesaikan gelar S1 di Jurusan Ilmu Pemerintahan UGM (1988) dan menjadi dosen tetap di Jurusan Ilmu Administrasi Negara sejak awal 1989. Dia melanjutkan sekolah pascarjana untuk mendapatkan gelar S2-nya di Program Studi Ilmu Politik UGM (1997). Dia menulis tesis S2 nya tentang Transisi Demokrasi di Korea di bawah bimbingan Dr. Budi Winarno.

Drs. Syah Firdaus, M.Si.

S2 Ilmu Politik UGM
Pengantar Ilmu Politik

Syah Firdaus adalah Sekretaris Jurusan pertama (2000-2004) dan Ketua Jurusan kedua Jurusan Ilmu Politik FISIP UNSOED (2004-2008). Bapak dua anak berdarah Toraja kelahiran Jakarta, 14 April 1958, ini menjadi dosen di FISIP UNSOED sejak tahun 1990. Syah Firdaus menyelesaikan S1 Ilmu Pemerintahan di Universitas Sam Ratulangi Manado (1985) dan S2 Ilmu Politik dari Program Pascasarjana UGM (1999).

Dr. Bambang Kuncoro, M.Si.

S3 Ilmu Sosial UNAIR
Birokrasi Indonesia

Bambang Kuncoro lahir di Sukoharjo, 4 Oktober 1956. Dia menyelesaikan S1 Administrasi Negara di UNS Solo (1980). Sebelum menjadi dosen tetap di Jurusan Ilmu Administrasi Negara UNSOED pada tahun 1986, dia meniti karier sebagai pegawai Dinas Penerangan di Purbalingga sejak awal 1980-an sampai pertengahan 1980-an. Menyelesaikan S2 di Program Pascasarjana Ilmu-ilmu Sosial UNAIR (2000) dan S3 Ilmu Sosial UNAIR (2013). Bambang Kuncoro pernah menjadi Dekan FISIP UNSOED (2004-2008). Selain menjadi dosen tetap Jurusan Ilmu Politik FISIP UNSOED, Bambang Kuncoro saat ini diperbantukan dan menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaaan di Universitas Tidar, Magelang (2014-sekarang).

Drs. Bambang Suswanto, M.Si.

S2 Ketahanan Nasional UGM
Pemikiran Politik Indonesia

Bambang Suswanto adalah Sarjana Sejarah lulusan UNDIP Semarang (1982) yang lahir di Purbalingga 9 November 1957. Sebelum menjadi dosen tetap di Jurusan Ilmu Administrasi Negara UNSOED, Bambang Suswanto adalah dosen tetap di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (1983-1989). Bambang Suswanto menyelesaikan S2-nya di Program Studi Ketahanan Nasional UGM (2000) dan sempat mengikuti kursus reguler LEMHANAS di Jakarta. Bambang Suswanto pernah menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FISIP UNSOED periode 2006-2010.

Luthfi Makhasin, M.A., Ph.D.

S3 Asian Studies, ANU Australia
Pemikiran Politik Barat

Luthfi Makhasin lahir di Banyumas, 29 Mei 1977. Dosen tetap Jurusan Ilmu Politik ini menyelesaikan studi S1 Hubungan Internasional UGM (2001). Pada tahun 2003, Luthfi mendapatkan beasiswa ADS (Australian Development Scholarship) dari pemerintah Australia dan mendapatkan gelar M.A. (Honours) dalam bidang kajian Asia Tenggara di ANU Australia. Dia kembali ke Canberra Australia dan menyelesaikan studi S3-nya di bidang kajian Asia Tenggara di ANU dengan beasiswa Endeavour Postgraduate Award, sebuah beasiswa bergengsi dari Departemen Pendidikan Australia. Luthfi meminati kajian politik perbandingan khususnya kawasan Asia Tenggara, ekonomi politik, antropologi politik, gerakan sosial tarekat dan Islam kontemporer di Asia Tenggara dan Timur Tengah.

Ahmad Rofik, S.Sos, M.A.

S2 Ilmu Politik UGM
Sosiologi Politik

Ahmad Rofik lahir di Batang, 13 Mei 1971. Pendidikan S1-nya diselesaikan di Jurusan Sosiologi FISIP UNSOED (2001) dan gelar S2 Ilmu Politik diperolehnya di UGM (2016). Ahmad Rofik menjadi dosen tetap Jurusan Ilmu Politik sejak 2001 dan mengampu mata kuliah pokok Sosiologi Politik. Bapak 5 anak ini adalah akademisi cum aktivis dengan jam terbang tinggi baik di tingkat lokal maupun nasional. Selain sebagai dosen, dia pernah menjadi Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Banyumas (2003-2008) dan aktif sebagai Pengurus Cabang NU Kabupaten Banyumas/LTMNU.

Waluyo Handoko, M.Sc.

S2 Rural Development CLSU, The Philippine/S3 (kandidat) Ilmu Politik Undip
Politik dan Pemerintahan Lokal

Waluyo Handoko lahir di Banjarnegara pada 18 Oktober 1971. Bergabung sebagai dosen Jurusan Ilmu Politik pada tahun 2002 setelah menyelesaikan S2 di Central Luzon University, Phillipina pada tahun 2000. Handoko, begitu ia sering akrab dipanggil, memiliki minat studi pada pemberdayaan masyarakat dan politik perdesaan. Ia banyak mengajar, meneliti dan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat terkait minat studinya. Pernah menjabat sebagai Wakil Bidang II Bidang Keuangan dan Kepegawaian FISIP Unsoed pada periode 2011-2015. Saat ini Handoko sedang menyelesaikan studi S3-nya pada Program Doktoral Ilmu Sosial konsentrasi Ilmu Politik Universitas Diponegoro Semarang, dengan mengembangkan kajiannya pada masalah konflik agraria dan model resolusi konflik.

Indaru Setyo Nurprojo, S.IP., M.A.

S2 Ilmu Politik UGM, S3 (kandidat) Ilmu Politik UGM
Politik dan Pemerintahan Desa

Dr. Sofa Marwah, M.Si.

S3 Ilmu Politik UI
Pengantar Studi Demokrasi

Sofa Marwah lahir di Kediri 26 April 1975, menyelesaikan pendidikan S1 dan S2 di Universitas Airlangga Surabaya. Ia meraih gelar doktor di Program Doktoral Ilmu Politik Universitas Indonesia pada 2012. Pernah menjabat sebagai Ketua Laboratorium Ilmu Politik pada 2004-2008 dan Ketua Jurusan Ilmu Politik pada 2012-2016. Tahun 2015 menjadi Staf Ahli DPRD Kabupaten Banyumas dan Reviewer Internal LPPM Unsoed. Disertasinya yang berjudul Representasi Politik Perempuan di Banyumas : Antara Kultur dan Realitas Politik sudah diterbitkan menjadi dua buku monograf. Ia melakukan berbagai riset dan kegiatan pengabdian sesuai minat studinya, perempuan, politik dan kultur. Karyanya telah banyak dipublikasikan dalam jurnal internasional, jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal nasional. Konsistensinya pada studi perempuan, politik dan kultur karena ia percaya bahwa perempuan dalam tradisi lokal memiliki kekuatan untuk menghiasi perjalanan sejarah dan kekuasaan, di tengah anggapan budaya patriarkhi yang menjadi cara pandang utama. Pengakuan terhadap hal itu menjadi satu bentuk demokrasi yang sesungguhnya.

Triana Ahdiati, M.Si.

S2 Kajian Wilayah Amerika UI
Teori Pascakolonial dan Politik Kebudayaan Kontemporer

Ahmad Sabiq, M.A.

S2 Development Studies ISS The Hague, Belanda
Teori Parpol dan Sistem Pemilu

Khairu Roojiqien Sobandi, S.IP., M.Si., M.A.

S2 Ilmu Politik UNDIP, S2 University of Wyoming USA, S3 (kandidat) The University of Canterbury, New Zealand
Kebijakan Publik

Khairu Roojiqien Sobandi lahir di Kuningan, Jawa Barat pada tanggal 19 Februari 1982. Khairu sebagaimana biasanya dia disapa, menyelesaikan S1 Ilmu Politik di Jurusan Ilmu Politik FISIP UNSOED (2004) dan menjadi dosen tetap di almamaternya sejak awal 2005. Dia menyelesaikan gelar S2 Ilmu Politik dalam program double degree di UNDIP dan University of Wyoming, USA (2014). Saat ini dia sedang menyelesaikan studi S3 bidang Ilmu Politik di University of Canterbury, New Zealand dengan dukungan program beasiswa BUDI LN/LPDP-Kemenristekdikti.

Oktafiani Catur Pratiwi, M.A.

S2 Ilmu Politik UGM
Pengantar Studi Pemerintahan

Bowo Sugiarto, S.IP., M.Si.

S2 Ilmu Politik UGM, S3 (kandidat) Tilburg University, Belanda
Pengantar Studi Demokrasi

Andi Ali Said Akbar, S.IP., M.A.

S2 Ilmu Politik UGM
Teori Parpol dan Sistem Pemilu