Home
Peluncuran Magister Ilmu Politik Unsoed, Pakar: Desa Harus Kembali Menjadi Subjek!

Peluncuran Magister Ilmu Politik Unsoed, Pakar: Desa Harus Kembali Menjadi Subjek!

Program Studi Magister Ilmu Politik Unsoed resmi diluncurkan oleh Dekan FISIP Unsoed Dr. Wahyuningrat lewat Seminar Nasional yang membahas dinamika politik perdesaan di era disrupsi pada 16 Agustus 2022. Seminar yang dihadiri oleh tamu seperti perwakilan dari KPU Kabupaten, Bawaslu dan kepala desa itu menghadirkan akademisi pakar studi desa Dr. Sutoro Eko dan dosen Ilmu Politik Unsoed Dr. Khairu R. Sobandi.

Dalam seminar itu, Dr. Sutoro Eko mengajak mahasiswa dan akademisi untuk mendorong pengembangan Ilmu Politik yang tidak terpaku pada buku-buku teks yang berasal dari luar. Dalam konteks studi politik tentang desa, misalnya, tidak sedikit kajian yang tidak menambah pengetahuan kita tentang desa atau justru malah melanggengkan cara pikir teknokratik yang melihat desa hanya sebagai objek dari pembangunan yang dipaksakan oleh negara/supradesa.

Ajakan Dr. Sutoro Eko untuk mengembangkan studi politik perdesaan yang menempatkan desa dan warganya sebagai subjek juga diamini oleh pembicara berikutnya. Dinamika politik perdesaan yang berujung pada kemungkinan demokratisasi di tingkat desa disampikan oleh Dr. Khairu R. Sobandi. Hasil penelitiannya menunjukan bahwa perubahan struktur ekonomi-politik yang diakibatkan oleh hadirnya elite ekonomi baru yang berasal dari eks-pekerja migran berdampak pada runtuhnya dominasi elite lama dan terdorongnya demokratisasi di tingkat desa. ***